2 Hari Terpadat dan Paling Menegangkan

“Autumn arrives in early morning, but spring at the close of a winter day.” ~ Elizabeth Bowen 21 December 2015. Kala matahari belum menunjukkan sinarnya, saya dan seorang teman, Ina, sudah berangkat dari Champanges, sebuah desa dekat kota Thonon di perbatasan Perancis dan Swiss. Kami akan menuju Jenewa untuk penerbangan menuju Nice yang dilanjutkan penerbangan…

Wintery Light

“You expected to be sad in the fall. Part of you died each year when the leaves fell from the trees and their branches were bare against the wind and the cold, wintery light. But you knew there would always be the spring, as you knew the river would flow again after it was frozen….

Ada Apa Dengan Calabai

Merasakan kembali keramahan warga dari desa Calabai, Dompu, Nusa Tenggara Barat. Beberapa tahun silam, desa ini hanya dilewati oleh para pendaki yang ingin naik ke Gunung Tambora. Dengan kondisi jalan berdebu, udah bisa dipastikan ketika turun dari bus, warna baju akan berubah menjadi abu-abu. Kini jalanan sepanjang Sumbawa sudah diaspal dengan mulus. Kini, semakin banyak…

Penyeberangan Moyo – Calabai

Sejujurnya, sering banget saya menyarankan untuk merencanakan perjalanan jauh-jauh hari sebelumnya. Tapi terkadang, karena keterbatasan waktu atau tiba-tiba ada urusan yang datang menjelang berangkat, jadilah pergi tanpa bekal informasi yang memadai. Harapannya sih sambil jalan masih bisa searching ke om google, tapi kalau ternyata koneksi internet gak bisa diharapkan gimana dong…. Nah salah satu pengalaman…

My Solo Trip at Moyo Island….!

Wuihhhh lama banget udah ga sharing tentang perjalanan, euy…! Salah satunya karena sekitar 1 bulan terakhir dihabiskan dengan mewujudkan ide gila untuk backpackeran sendirian ke NTB  dan NTT. Serem? Awalnya sih iya. Banyak banget yang nanya, yakin mau pergi sendiri? Apalagi perempuan, wuih banyak banget deh pesan untuk hati-hatinya. Sebelum pergi, sempet ketemu salah seorang…

Paragliding in Painan

Info : Sony Alpha 6000 Lens Sony 70 – 200 mm Paragliding Trip Of Indonesia (TROI) , July 2015

Taman Nasional Baluran

Dari kota Banyuwangi, naik motor sekitar 1,5 jam (dan ini udah termasuk jarak tempuh pake ngebut :D) menuju gerbang depan taman nasional. Maksimal untuk melewati gerbang depan itu pk.17.00, lewat dari jam tersebut udah gak diijinkan masuk karena walaupun hanya ada 1 jalan ke dalam tapi tidak ada penerangan sama sekali. Nah buat yang udah…

Blue Fire

IJEN. Salah satu tempat yang udah lama banget mau didatengin, tapi gak pernah kesampean. Hingga suatu ketika ada aja hal-hal yang datang secara tiba-tiba dan bersamaan, dan mengantarkan saya kesana. Dapet penugasan ke arah Tegal (naik kereta udah gak terlalu jauh ke Surabaya, tinggal lanjut lagi ke Banyuwangi ) Tiba-tiba aja ada teman yang lagi…